• Menggunakan automasi pada MATRIX
  • Automasi untuk kursus
  • Automasi untuk jalur pembelajaran
  • Automasi untuk akun
  • Automasi untuk niaga elektronik
  • Automasi untuk kelompok
  • Pembelajaran adaptif
Automation retina

Automation retina Cara meningkatkan fleksibilitas pelatihan dengan automasi

Menggunakan automasi pada MATRIX

Automasi adalah konsep inovatif yang memungkinkan perusahaan untuk membuat pembelajaran yang lebih terpersonalisasi dan fleksibel. Fitur canggih ini membantu menghemat waktu instruktur saat memberikan pelatihan dan memangkas sejumlah pekerjaan manual yang melelahkan.

Dengan automasi, Anda dapat memicu tindakan di seluruh platform saat tugas tertentu dijalankan. Misalnya, saat karyawan baru bergabung di platform ini, Anda dapat secara otomatis mendaftarkan mereka untuk mengikuti kursus berdasarkan jabatannya. Setelah kursus berakhir, Anda dapat memicu tindakan pemberian sertifikat tamat kursus kepada pemelajar. Dengan automasi, Anda juga dapat menentukan jenis konten bagi pemelajar berdasarkan kinerja mereka atau menentukan tindakan yang akan muncul ketika pengunjung membeli program kursus Anda.

Kemungkinan ini tidak terbatas dan Anda dapat menggunakan automasi di berbagai area platform, seperti kursus, jalur pembelajaran, kelompok, akun, dan sebagainya. Gamifikasi juga didasarkan pada automasi, dan Anda dapat menentukan aturan pemberian poin atau lencana bagi pemelajar yang berpartisipasi dalam permainan.

Automasi untuk kursus

Instruktur dapat menggunakan automasi untuk memicu tindakan setelah pemelajar menyelesaikan tugas kursus tertentu. Anda dapat menambahkan aturan yang berlaku saat pemelajar mendaftar kursus, saat pemelajar membatalkan pendaftaran kursus, saat pemelajar menyelesaikan modul dan bagian pembelajaran, dan sebagainya. Berikut sejumlah penggunaan automasi paling umum serta cakupan penggunaannya dalam kursus:

Tindakan pendaftaran, pembatalan pendaftaran, dan dikenali tidak aktif

Instruktur dapat membuat tindakan yang dipicu saat pemelajar baru mendaftar kursus atau saat pemelajar membatalkan pendaftaran kursus. Misalnya, jika Anda membuat kursus bagi karyawan yang bekerja di departemen SDM, saat mendaftarkan mereka ke kursus, Anda juga dapat secara otomatis menambahkan mereka ke kelompok khusus karyawan SDM yang mengikuti kursus ini.

Ketika pemelajar membatalkan pendaftaran kursus, Anda dapat mengirimkan pesan otomatis yang meminta umpan balik terkait kursus tersebut.

Jika pemelajar tidak aktif di kursus selama beberapa hari yang telah ditentukan, Anda dapat memicu tindakan yang dilakukan saat pemelajar dianggap tidak aktif. Misalnya, jika pemelajar tidak aktif selama 10 hari, Anda dapat mengirimkan pengingat untuk mengikuti kursus.

Automasi juga memungkinkan pengguna untuk menerapkan penyaringan tindakan. Ketika aturan dibuat, Anda hanya dapat menyasar peserta kursus, anggota kelompok atau organisasi, peserta dengan jabatan tertentu, dari kota tertentu, dan sebagainya. Penyaringan dapat digunakan saat menambahkan jenis aturan, di mana pun di platform.

Tindakan penyelesaian kursus

YAnda dapat memicu tindakan setelah pemelajar menyelesaikan kursus. Misalnya, saat pemelajar menyelesaikan kursus, Anda dapat memberikan sertifikat tamat kursus. Fitur sertifikat ini memungkinkan pengguna untuk mengunggah formulir sertifikat PDF yang dapat dilengkapi oleh sistem kami menggunakan informasi terkait kursus.

Tindakan penyelesaian untuk modul, bagian, dan penilaian

Anda dapat memicu tindakan setelah modul, halaman konten, dan penilaian diselesaikan. Misalnya, Anda dapat memberikan lencana setelah modul diselesaikan.

Dalam hal penilaian, Anda juga dapat menentukan skor minimum yang dibutuhkan agar penilaian dianggap selesai. Misalnya, saat pemelajar mendapatkan skor 100, penilaian dianggap selesai dan Anda dapat menambahkan aturan untuk memberikan 50 poin untuk permainan kursus tersebut.

Tindakan mulai dan selesai

Jika kursus dipimpin oleh instruktur atau merupakan pembelajaran campuran, Anda dapat menambahkan tindakan yang berlaku saat kursus dimulai, beberapa hari sebelum kursus dimulai, atau beberapa hari setelah kursus dimulai. Misalnya, Anda dapat mengirimkan pengingat kepada pemelajar dua hari sebelum kursus dimulai. Anda juga dapat mengunci kursus beberapa hari sebelum kursus dimulai agar pemelajar dapat mendaftar kursus tetapi tidak dapat mengakses kontennya.

Anda juga dapat menambahkan tindakan saat kursus selesai. Contohnya, beberapa hari setelah kursus selesai, Anda dapat mengarsipkannya. Anda juga dapat mengirimkan pesan khusus kepada pemelajar untuk meminta umpan balik terkait kursus tersebut.

Tindakan berbasis skor

Anda juga dapat menambahkan aturan yang dipicu saat pemelajar mendapatkan sejumlah skor. Misalnya, jika pemelajar mendapatkan skor yang rendah, Anda dapat secara otomatis mengunci modul berikutnya sampai pemelajar mendapatkan skor yang lebih tinggi.


Aturan penguasaan

Anda dapat menambahkan tindakan yang akan diberlakukan saat pemelajar mencapai tingkat kompetensi tertentu. Misalnya, jika pemelajar memiliki nilai kompetensi lebih dari 80%, Anda dapat membuka kunci untuk modul tingkat lanjut. Jika tingkat kompetensi pemelajar tetap berada di antara 30 - 40% selama lebih dari 10 hari, Anda dapat menyiapkan aturan untuk mendapatkan pemberitahuan dan mengirimkan saran kepada pemelajar agar dapat meningkatkan kompetensinya.

Konten tetesan

Automasi juga dapat digunakan untuk menjadwalkan waktu akses modul bagi pemelajar agar Anda tidak perlu menyediakan semua modul sekaligus. Pelatih dapat menggunakan automasi untuk membuka kunci/mengunci modul pada waktu yang ditetapkan.

Sebagai contoh, Anda dapat mengatur pembukaan kunci modul kursus setiap dua hari sekali. Anda juga dapat menggunakan automasi untuk membuka kunci/mengunci modul pada waktu yang ditetapkan. Anda dapat membuka kunci modul saat pemelajar menyelesaikan suatu penilaian.

Gamifikasi

Gamifikasi ini berbasis automasi. Permainan dalam kursus dapat terdiri atas beberapa tingkatan dan Anda dapat menentukan banyaknya poin yang diperlukan untuk menyelesaikan tiap tingkatan. Kemudian, Anda dapat menetapkan aturan untuk satu kursus yang memberikan poin dan lencana setelah pemelajar menyelesaikan sejumlah tugas.

Automasi untuk jalur pembelajaran

Automasi memungkinkan Anda untuk memicu tindakan saat pemelajar mendaftar jalur pembelajaran, menyelesaikan jalur pembelajaran, dan menyelesaikan tiap tujuan dalam jalur tersebut. Misalnya, Anda dapat menetapkan aturan yang berlaku saat pemelajar mendaftar suatu jalur, mereka secara otomatis akan dimasukkan ke sebuah tim.

Ketika pemelajar menyelesaikan suatu tujuan dalam jalur tersebut, Anda dapat secara otomatis menjalankan API melalui webhook.

Ketika pemelajar telah menyelesaikan jalur pembelajaran, Anda dapat mendaftarkan mereka ke kursus tingkat lanjut tambahan.

Jalur pembelajaran juga dapat memiliki permainan. Oleh karena itu, Anda dapat memicu tindakan yang memberikan lencana dan poin, yang membantu pemelajar menyelesaikan permainan tersebut.

Gamification

Automasi untuk akun

Automasi untuk akun memungkinkan pengguna memicu tindakan yang berlaku saat akun baru dibuat. Aturan dapat disaring berdasarkan jenis akun. Misalnya, Anda dapat membuat aturan yang berlaku saat ada instruktur baru yang bergabung dengan platform, instruktur baru akan secara otomatis didaftarkan ke dalam kelompok khusus instruktur. Ketika pemelajar baru bergabung dengan platform, Anda dapat secara otomatis mendaftarkan mereka ke kursus atau jalur pembelajaran berdasarkan organisasinya.

Automasi untuk niaga elektronik

Anda dapat membuat aturan yang dipicu saat pengguna membeli kursus, paket, langganan, atau item media digital. Terkait dengan langganan, Anda juga dapat memicu tindakan saat pengguna membatalkan langganan. Misalnya, Anda dapat secara otomatis menambahkan pihak yang membeli kursus desain web ke kelompok khusus desain web.

Anda juga dapat menambahkan tindakan untuk mengirimkan pesan kustom yang meminta umpan balik saat seseorang membatalkan langganan.

Automasi untuk kelompok

Anda dapat membuat aturan yang dipicu saat pengguna ditambahkan ke kelompok atau dikeluarkan dari kelompok. Misalnya, Anda dapat memicu tindakan saat ada anggota kelompok baru, mereka akan didaftarkan ke satu jalur pembelajaran. Ketika anggota kelompok dikeluarkan, Anda dapat membuat aturan untuk mengirimkan informasi ini ke LRS menggunakan opsi xAPI kami.

Pembelajaran adaptif

Pembelajaran adaptif dapat membantu perusahaan memberikan pengalaman yang sangat terpersonalisasi dan mengatasi kesenjangan pengetahuan pemelajar mereka. Dengan pembelajaran adaptif, Anda dapat secara dinamis menyesuaikan konten dan penilaian yang dilihat pemelajar di dalam kursus dan jalur pembelajaran berdasarkan kinerja pemelajar. Dengan automasi, instruktur dapat membuat aturan yang ketika terpicu akan menampilkan atau menyembunyikan kursus tertentu, bagian konten, atau penilaian.

Pembelajaran adaptif untuk kursus

Pembelajaran adaptif dapat digunakan di dalam kursus untuk menampilkan atau menyembunyikan bagian konten dan penilaian. Jika pembelajaran adaptif diaktifkan, Anda akan melihat opsi untuk menampilkan/menyembunyikan penilaian di bagian kursus yang dapat menggunakan automasi.

Misalnya, jika pemelajar berproses dengan sangat baik dan menyelesaikan modul yang sulit, Anda dapat memilih untuk memperlihatkan beberapa modul tingkat lanjut atau memberikan penilaian yang lebih sulit di modul selanjutnya. Jika pemelajar mendapatkan skor rendah di suatu penilaian, Anda dapat secara otomatis menyembunyikan modul hingga pemelajar mendapatkan skor yang dibutuhkan.